1. Atas kesibukan yang nyaris tanpa putus, masihkah kita sempatkan waktu untuk merebahkan badan seraya menuturkan #kisah kpd anak kita?
2. Ataukah kita tak lagi memerlukan #kisah? Masih pulakah anak-anak mengharap kita menutur #kisah kepada mereka sebelum tidur?
3. Jika masih dperlukan, lalu u/ apa kita mndongeng? Bukankah anak-anak bisa membaca #kisah & saksikan berbagai film menarik di gadget kita?
4. Jawabnya... Justru ketika orang mengalami kejenuhan akibat banjir informasi shg kepala dipenuhi oleh sampah data, #kisah makin dperlukan.
5. Sampah data adalah istilah dr David Shenk sbgmn tercermin dlm judul bukunya: Data Smog. Sampah data bisa berasal dr twitter, dll. #kisah
6. Makin addictive sbuah media, makin besar ptensinya sebabkn timbunan sampah data di benak kita shg kita kian terikat dg media tsb. #kisah
7. Tapi semakin banyak sampah data, termasuk tumpukan #kisah, mereka semakin memerlukan kisah yang bukan hanya selintas.
8. Mereka semakin memerlukan #kisah nyata menggugah yang memiliki sentuhan manusiawi. Kisah yang sungguh-sungguh terjadi.
9. Film memang memukau, apalagi jika digarap dengan penyutradaraan yg baik. Tapi tetap saja ada kesadaran bahwa #kisah itu sengaja disusun.
10. Selain itu, film bersifat seragam. Sementara dongeng, meskipun #kisah sama, dpt dsampaikan dg cara brbeda & dalam suasana yg berbeda.
11. Kita dapat menghadirkan #kisah secara lebih pribadi (personalized) & sesuai kebutuhan (customized). Bertutur lebih pas untuk anak kita.
12. Hanya itu manfaatnya? Mari kita tengok #kisah sukses 3M. Perusahaan yg fokus pada produk prlengkapan kantor (office equipment) ini..
13. ...membangun visi bersama pd diri karyawan, trmasuk pimpinan, dengan mendesain #kisah. Melalui cara ini, 3M mampu membawa karyawan...
14. ...merasakan visi perusahaan & mnggairahkan mrk u/ mewujudkannya. Anda tentu tahu bahwa salah satu ksulitan pr pimpinan adlh... #kisah
15. ...menjadikan visi lembaga (misal: sekolah) benar-benar menggairahkan kryawan/guru & menjadikan mrk berhasrat kuat mewujudkannya. #kisah
16. Kita bisa memahamkan melalui berbagai diskusi, tetapi membuat mereka merasakan merupakan pekerjaan lain. Di sinilah kekuatan #kisah.
17. Nah, 3M melakukannya dg mengembangkan #kisah yang membuat para karyawan berambisi mewujudkan mimpi perusahaan sebagai mimpi mereka.
18. Bgmana dg pndidikan? Apa yg bisa kita lakukan melalui #kisah? Anda tentu ingat penelitian legendaris CIA yg dipimpin David McClelland.
19. Penelitian yang melahirkan teori kebutuhan (need theory) ini secara jelas menunjukkan betapa #kisah yg dominan pada sebuah bangsa,...
20. ...atau dlm kehidupan pribadi seseorang, mempengaruhi kebutuhan dominan mereka; apakah kebutuhan u/ berkuasa (need of power),... #kisah
21. ...kebutuhan berprestasi (need of achievement) atau kebutuhan untuk mnjalin hubungan baik dg orang lain (need of affiliation). #kisah
22. Ada sebuah surat dalam Al-QurĂ¢an yg dekat sekali prtaliannya dg #kisah, Al-Qashash (QS. 29) namanya. Apa yg bisa kita renungkan darinya?
23. Sungguh, pada #kisah ada kekuatan, pada bayan ada sihir. Kisah yg memukau bisa menjadikan orang meninggalkan dalil & mendahulukan kisah.
24. Kecakapan menuturkan #kisah dapat menggiring orang lebih percaya pada nasehat yang mengikuti kisah daripada dalil shahih yang terang.
25. Semoga kita dapat membekali diri dg kecakapan menuturkan kisah, hanya #kisah yang shahih & tidak bertentangan dg nash yg shahih pula.
26. Terima kasih kepada saudara-saudaraku seiman yang telah mengajari untuk membuat hashtag. Semoga bermanfaat untuk menebar maslahat.
Gambar dari sini